Rabu, 18 Maret 2020

Siswa Madrasah Tahun Ini akan Menghadapi Tiga Ujian


Siswa Madrasah Tahun Ini akan Menghadapi Tiga Ujian
Marabahan (Kankemenag Batola).  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kab. Barito Kuala (KanKemenag Batola). Bukhari Muslim, S.Pd. dalam amanat Apel pagi di halaman kantor Kankemenag Batola, Senin, 3 Februari 2020 mengatakan, bahwa Siswa Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan menghadapi 3 Ujian.
Ketiga ujian dimaksud adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK), dan Ujian Madrasah (UM) pada Tahun 2020 ini. Jadwal UNBK untuk MA dilaksanakan pada tanggal, 30 Maret s.d. 2 April 2020. Untuk MTs,  UNBK dilaksanakan pada Tanggal 20 s.d. 23 Maret 2020.
Sedangkan UAMBNBK untuk MA dilaksanakan pada tanggal 2 s.d. 4 Maret 2020 dan UAMBNBK untuk MTs dilaksanakan pada tanggal 9 s.d. 11 Maret 2020.
Persiapan UNBK dan UAMBNBK untuk tingkat MTs dan MA sudah dilakukan sejak bulan Desember yg lalu, operator masing-masing madrasah  menyelesaikan tahapan-tahapan di antaranya menyelesaikan BioUN, PDUN, dan PDUM. Sebagaimana disebutkan di atas bahwa tiga macam ujian yang harus dijalani siswa madrasah tahun ini. Pertama, ada UN yang diselenggarakan dengan pengendalian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). "Ujian Nasional ini tujuannya untuk pemetaan nasional pendidikan, untuk mengidentifikasi permasalahan pelaksanaan pendidikan dan implementasi kurikulum. Jadi, segala macam hal yang terkait pendidikan itu bisa kita petakan permasalahannya berdasarkan UN," kata Bukhari
Kedua, ada Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK). Ujian ini sama dengan UN tetapi UAMBN untuk ciri khas kemadrasahan. Di dalam UU Nomor 20 Tahun 2003, madrasah didefinisikan sebagai sekolah yang berciri khas Islam. Maka ada lima mata pelajaran yang berciri khas Islam. Lima mata pelajaran tersebut di antaranya, Pelajaran Alquran dan Hadist, Akidah dan Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab. Namun yang diujikan di dalam UAMBNBK hanya 3 Mata Pelajaran, yaitu; 1) Al Qur'an Hadits, 2) Fikih, dan 3) SKI.
Ketiga, ada Ujian Madrasah (UM) sesuai dengan SK Dirjen   Pendis Nomor 247 Tahun 2020, Ujian Madrasah adalah ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan di Madrasah berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
Lebih jauh Bukhari menjelaskan UM bertujuan untuk mengukur pencapaian Standar Kompetensi Lulusan pada akhir jenjang pendidikan pada MI, MTs, MA. 
Dengan kriteria kelulusan berdasarkan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019, kriteria kelulusan dari satuan pendidikan minimal adalah,Menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik, dan engikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan, jelas bukhari. (Rf/ft:Masgun)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS POKOK PENYULUH TUGAS POKOK PENYULUH AGAMA ISLAM HONORER KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA

  TUGAS POKOK PENYULUH TUGAS POKOK PENYULUH AGAMA ISLAM HONORER                         KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA    ...