Rabu, 20 Maret 2019

USBN PAI Lancar


USBN PAI Lancar

Marabahan (Kemenag Kalsel). Pelaksanaan Ujian Sekolah  Berstandar Nasional (USBN) Pendidikan Agama Islam (PAI) di dua sekolah SMAN 1 Anjir Pasar dan SMKN 2 Anjir muara berjalan dengan lancar dan tertib, ini diketahui saat tim monitoring mendatangi kedua sekolahan tersebut pada Senin 18/03/19.
USBN PAI dilaksanakan serentak pada hari ini diseluruh Provinsi kalimantanSelatan tingkat SMA/SMK.
Saat mengunjungi sekolahan itu Arip berpesan agar pelaksanaan USBN PAI tinhgkat SMA/SMK tahun kedepan lebih baik lagi dalam pelaksanaan nya. termasuk tentang kualitas dan mutu soal soalnya.
Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) PAI merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan pendidikan agama yang berkualitas, kata Arip
Pendidikan Agama khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI) sendiri sebenarnya pelaksanaan USBN bukanlah sesuatu yang baru karena Direktorat Pendidikan Agama Islam (DITPAI) Kementerian Agama RI sudah memulainya sejak Tahun pelajaran 2008/2009 atau 10 Tahun silam yang awalnya bernama Ujian Sekolah Standar Nasional (USSN). Meskipun saat itu hanya diikuti oleh sekolah-sekolah di 44 kabupaten/kota di Indonesia yang menyatakan siap mensupport terselenggaranya Ujian Sekolah dengan label tambahan "Standar Nasional", namun terobosan DITPAI tersebut merupakan langkah penting untuk meningkatkan mutu PAI sebagai mata pelajaran wajib yang diikuti peserta didik (beragama Islam) meskipun hanya 2 jam pelajaran setiap minggunya. Tujuan dari USSN yang kemudian berganti nama menjadi USBN, digariskan dalam pedoman pelaksanaannya meliputi 3 hal, yakni menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran PAI, meningkatkan mutu penilaian PAI pada satuan pendidikan dan mengevaluasi kinerja satuan pendidikan berdasar hasil penilaian PAI. (Ref/Ft:Masgun)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS POKOK PENYULUH TUGAS POKOK PENYULUH AGAMA ISLAM HONORER KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA

  TUGAS POKOK PENYULUH TUGAS POKOK PENYULUH AGAMA ISLAM HONORER                         KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA    ...