Jumat, 01 Februari 2019

Ka Kemenag : Batola Daerah Yang Agamis


Ka Kemenag : Batola Daerah Yang Agamis
Marabahan (Kemenag Kalsel). Ditemui usai menghadiri puncak hari jadi Batola ke 59 Selasa (08/01, Kepala kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batola Drs. H. Rusbandi menyampaikan bahwa kabupaten Kabupaten Barito Kuala (Batola) adalah daerah yang Agamis, karena daerah agamis ini kami berharap dengan pemerintahan ibu Hj. Normiliyani ini bisa lebih respon dengan kegiatan keagamaan dan bisa meningkatkan dana bantuan untuk kegiatan keagamaan seperti MTQ, PHBI dan untuk sekolah-sekolah keagamaan, kata mantan ka Kemenag Tanah Laut.
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor mengatakan, Batola memiliki potensi besar di sektor pertanian, tanaman pangan dan hortikultura. Pernyataan gubernur tersebut diutarakannya pada sambutannya di puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-59 Kabupaten Batola, “Bukti Batola berpotensi besar di sektor pertanian setidaknya dibuktikan dengan ditempatnya pelaksanaan HPS,” tukas gubernur. Karenanya, gubernur yang akrap disapa Paman Birin itu, mengimbau Pemkab Batola dan masyarakat harus yakin dan optimis bahwa daerahnya akan bangkit dan bisa lebih maju dari sekarang dengan mewujudkan orientasi pembangunan dalam keseimbangan dan keterpaduan yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. “Ayo gelorakan semangat membangun. Membangunlah untuk banua dengan semangat haram manyarah waja sampai kaputing. Mari kita bulatkan tekad untuk terus bergerak maju dalam membangun daerah secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” tutur gubernur. Terkait Harjad, gubernur mengatakan, seperti yang disampaikan di usia 59 tahun Batola telah banyak keberhasilan yang dicapai mulai perbaikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pelayanan masyarakat, hingga pencetusan program-program yang berpihak dan mengangkat kemandirian masyarakat. Atas keberhasilan itu, gubernur mengimbau pemerintah dan masyarakat Batola wajib bersyukur agar berkah, kenikmatan, dan kemajuan akan terus bertambah serta lebih besar lagi. “Lain syakartum laadzidannaku walainkafartum innaazabi lasyadid. Apabila kamu bersyukur niscaya akan kutambah dan apabila tidak bersyukur maka azabku akan pedih,” kata gubernur seraya menyitir firman Allah.
Sebelumnya, Bupati Batola Hj Noormiliyani dalam laporannya, sejak dilantik Gubernur Kalsel 4 November 2017 dirinya bersama Wakil Bupati H Rahmadian Noor telah menjabat 1 tahun 2 bulan. Sehubungan dengan Harjad Batola, mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengatakan, di usia ke-59 tahun dinamika penyelenggaraan pemerintahan di Batola terus mengalami kemajuan serta banyak memberi manfaat bagi masyarakat. Salah satu bukti dari kemajuan itu, kata dia, dengan adanya ruas jalan Taman Sari Bunga yang menghubungkan antara Kecamatan Tamban, Anjir Muara, Mekasari, dan Tabunganen. Ke-depan, menurut Noormiliyani, pihaknya akan melanjutkan pembangunan ke arah selatan yang menghubungkan empat kecamatan yakni Kuripan, Tabukan, Bakumpai, dan Marabahan atau disingkat Kuta Bamara.
Peringatan Batola yang lahir pada 4 Januari 1959 kali ini berlangsung cukup semarak. Berbagai persembahan turut mewarnai perayaan. Di antara persembahan tari Radap Rahayu (Penyambutan), tari Batamat, menyanyikan lagu mars Bergerak ciptaan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, menyanyikan lagu Batola Ulek Marabahan, penyerahan penghargaan IRSA (Indonesia Road Sefety Award) dari Kapolres Batola kepada Bupati sebagai salah satu daerah dengan kepadatan rendah pada pilar I yaitu manajemen dengan keselamatan jalan. Puncak Harjad Batola ke-59 juga dirangkai berbagai penyerahan seperti penyerahan tali asih kepada para penuntut Kabupaten Batola atau ahli waris, penyerahan piagam penghargaan kepada BUMDes terbaikse-Batola tahun 2018, penyerahan piagam penghargaan kepada beberapa desa berprestasi seperti penyaluran dana desa tercepat, kepatuhan pembayaran pajak pembangunan atas APBDes, terbaikk inovasi bidang air bersih, dan inovasi bidang kesehatan.
Selanjutnya juga diserahkan penghargaan atas komitmen dan kecepatan dalam penuntasan membayar PBB, penghargaan atas komitmen peningkatan pemungutan dan upaya penggalian potensi PBB, dan lainnya.
Di kesempatan puncak Harjad ke-59 ini pula Bupati Batola Hj Noormiliyani berkesempatan melakukan penandatanganan sejumlah prasasti pembangunan berupa Mal Pelayanan Publik, Pasar Ikan Wangkang Marabahan, dan gedung pengujian kendaraan bermotor. (Ref/Ft:Masgun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TUGAS POKOK PENYULUH TUGAS POKOK PENYULUH AGAMA ISLAM HONORER KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA

  TUGAS POKOK PENYULUH TUGAS POKOK PENYULUH AGAMA ISLAM HONORER                         KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BARITO KUALA    ...